Mengenang Sosok Humoris Olga Syahputra dan Perjalanan Karirnya

Yoga Syahputra atau yang lebih dikenal dengan nama Olga Syahputra merupakan selebriti tanah air yang wajahnya selalu wira-wiri di banyak stasiun televise di Indonesia. Sosoknya yang humoris, ceplas-ceplos, sedikit kemayu menjadi daya tarik sendiri yang membuatnya kebanjiran job di sana-sini.
Mengenang Sosok Humoris Olga Syahputra dan Perjalanan Karirnya

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Olga Syahputra telah dikabarkan meninggal dunia pada tanggal 27 Maret 2015 di Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura akibat penyakit meningitis (radang selaput otak) yang dideritanya. Olga yang sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura. Setahun lebih ia berjuang melawan penyakit meningitis yang dideritanya, hingga akhirnya ia diharuskan menghadap Sang Pencipta.

Anak sulung dari tujuh bersaudara ini merupakan sosok selebriti yang sangat dicintai penggemarnya. Terbukti dengan ribuan orang yang memadati rumahnya untuk memberikan penghormatan terakhir dan mengantarkannya ke tempat persemayaman yang terakhir. Ribuan orang dari berbagai daerah rela menunggu dari pagi dan berdesak-desakan menanti kedatangan jenazah Olga dari Singapura hingga ia selesai dimakamkan.

Begitu banyak kenangan yang bisa diingat tentang sosok kakak kandung dari Billy Syahputra tersebut. Gayanya yang kemayu, bicaranya yang ceplas-ceplos, canda rianya, dan sikap kedermawanannya kepada para sahabat dan orang-orang di sekitarnya yang begitu sulit dilupakan. Meskipun kini ia telah tenang di alam sana, namun nama Olga Syahputra masih banyak dibicarakan baik di televisi, media cetak maupun media online. Acara-acaranya terdahulu juga masih diputar ulang untuk mengobati rindu para penggemarnya.

Pria yang lahir pada 32 tahun silam tepatnya di Jakarta tanggal 8 Februari 1983 ini memang merupakan sosok entertainer yang serba bisa. Tak hanya sebagai komedian, ia juga biasa tampil di televisi sebagai presenter sebuah acara musik dan reality show. Dia juga pernah membintangi sejumlah sinetron dan film layar lebar, salah satunya film ‘Taman Lawang’. Tak hanya itu, dia juga memiliki beberapa lagu diantaranya yang berjudul ‘Hancur Hatiku’ dan ‘Jangan Ganggu Aku’ yang saat itu sangat hits dan hampir semua orang bisa menyanyikannya.

Karir Olga di dunia entertainment begitu gemilang, terbukti dengan banyaknya acara televisi yang ia bintangi. Namun, keberhasilan Olga tak lepas dari hasil kerja keras dan jerih payah usahanya, mengingat dulu ia pernah mengalami pahitnya hidup susah.

Dulunya Olga hanya orang biasa dan bukan siapa-siapa. Anak sulung dari pasangan Nur Rachman dan Nurhida ini gemar sekali mengumpulkan tanda tangan dan foto bersama dengan artis-artis idolanya yang ia temui. Hingga akhirnya ia mendapatkan tawaran untuk bermain di film ‘Lenong Bocah’, tapi ia diharuskan untuk mengikuti latihan di Sanggar Ananda yang diasuh oleh Aditya Gumay. Pada saat itu Olga tidak memiliki uang untuk membayar kursus di sanggar tersebut, hingga akhirnya ia terpaksa menjual kulkas milik orang tuanya. Dan kulkas itupun akhirnya digantikan dengan kulkas baru oleh sahabatnya Bertrand Antolin.

Setelah mengikuti latihan di Sanggar Ananda, Olga sering mendapat tawaran syuting, namun masih hanya sebagai figuran atau pemeran yang hanya sekedar lewat. Untuk menambah penghasilannya, ia juga bekerja sebagai asisten dari seorang penyanyi dangdut Rita Sugiarto. Perjalanannya di dunia hiburan seringkali mengalami jatuh bangun, hingga pada akhirnya ia berhasil memanen manisnya dari buah keberhasilan hasil kerja kerasnya. Terbukti dengan padatnya jadwal mengisi acara di sejumlah televisi, baik acara live maupun siaran tunda. Saat mengawali karirnya, ia tinggal di sebuah rumah susun, namun sekarang ia telah memiliki rumah mewah di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Karirnya yang gemilang juga mengantarkannya meraih berbagai penghargaan. Ada lima penghargaan yang diraihnya selama 2009-2010. Dua penghargaan diantaranya adalah Panasonic Gobel Award selama dua tahun berturut-turut untuk kategori pelawak terfavorit.

Sebagai artis sukses yang terkenal, Olga tidak pernah bersikap sombong. Ia selalu mengingat dari mana asalnya dulu dan bagaimana susahnya ia meraih apa yang ia miliki sekarang. Ia merupakan sosok yang dermawan. Ia gemar menyantuni anak yatim dan orang-orang tidak mampu. Para sahabat pun mengakui kedermawanan Olga.

Hingga hari ini, saat artikel ini dibuat, tepat 7 hari kepergian sang komedian Olga Syahputra. Wajahnya masih wira-wiri menghiasi layar televisi. Banyak orang yang masih belum percaya akan berita kepergiannya. Kini, kita tak lagi bisa melihat sosok Olga yang begitu kocak dengan guyonan-guyonannya yang khas yang sontak mampu membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Hanya tayangan-tayangan ulang, video klip, dan video Youtube yang bisa mengobati kerinduan kita pada sang komedian Olga Syahputra.

Selamat jalan Olga, kami semua menyayangimu, tapi Allah lebih menyayangimu. Semoga amal baiknya di dunia ini diterima oleh Allah dan dia mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin…

Sobat menambahwawasandanpengetahuan.blogspot.com, banyak hal yang bisa kita jadikan motivasi dari sosok Almarhum Olga Syahputra. Kerja kerasnya, kesederhanaan, dan kedermawanannya bisa kita jadikan contoh dan pelajaran dalam hidup kita. Semoga tulisan tentang sosok Olga Syahputra dan perjalanan karirnya di atas dapat memberi manfaat bagi kita semua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenang Sosok Humoris Olga Syahputra dan Perjalanan Karirnya"

Post a Comment