Tempat Turunnya Nabi Isa di Akhir Jaman

Tempat Turunnya Nabi Isa di Akhir Jaman
Sudah dijelaskan bahwa salah satu tanda besar datangnya hari kiamat adalah turunnya Nabi Isa ke bumi. Sebagaimana dalam riwayat An-Nawas bin Sam’an, Rasulallah SAW bersabda, “Nabi Isa akan turun di menara putih sebelah timur kota Damaskus, mengenakan dua baju berwarna tanah merah, meletakkan kedua tangannya pada sayap dua orang malaikat. Apabila dia menunduk kepala, maka (seolah-olah) meneteskan air, dan apabila mengangkat kepala, maka (seolah-olah) berjatuhanlah tetesan-tetesan itu bagai manik-manik mutiara. Dan tidak seorang kafir pun yang mencium bau nafasnya melainkan mati. Padahal nafasnya dapat dirasakan sejauh matanya memandang.”

Hadits inilah yang paling masyhur yang menjelaskan tentang tempat turunnya Nabi Isa AS, yakni akan turun di menara sebelah timur Masjid Jami Kota Damaskus. Barangkali juga riwayat inilah yang dihafal dengan baik (mahfuzh)

Sedangkan riwayat yang mengatakan, “bahwa Nabi Isa turun di atas menara putih timur kota Damaskus,” itu merupakan sebuah ungkapan yang telah berubah, yakni ungkapan yang oleh perawinya diucapkan menurut apa yang dia pahami. Karena kenyataannya di Damaskus tidak ada menara yang disebut ‘Al-Manarah Asy-Syarqiyah” (menara timur) selain menara yang terletak di sebelah timur Masjid Jami Umawi.

Dan sepertinya pengertian ini yang lebih pas dan cocok. Karena ketika turunna Nabi Isa itu iqamat telah dikumandangkan. Maka seseorang mempersilahkan beliau : “Wahai Imam kaum muslimin, wahai Ruh Allah, majulah.” Lalu beliau, “Majulah kamu, karena iqamat ini dikumandangkan untukmu.” Dan dalam riwayat lain dikatakan : “Sebagaian kamu adalah pemimpian atas sebagian yang lain.”

Semoga Allah benar-benar memuliakan ummat ini. Sekarang ini bangunan menara tersebut direnovasi pada tahun 741 H, menggunakan batu-batu putih. Pembangunannya dilaksanakan atas biaya atas biaya orang-orang Nasrani, yang telah membakar menara di tempat itu.

Barangkali ini pun salah satu bukti kenabian Muhammad SAW yang tampak dengan mata kepala, dimana Allah SWT menakdirkan pembangunan menara ini atas biaya kaum Nasrani sampai dengan turunnya Nabi Isa bin Maryam kelak. Lalu beliau akan membunuh babi, mematahkan salib, tidak menerima upeti dari mereka. Tetapi barang siapa yang masuk Islam, maka diterima Islamnya. Dan kalau tidak, maka dibunuh. Begitupun hukum yang akan beliau putuskan terhadap orang-orang kafir di belahan bumi yang lain pada waktu itu. Demikianlah diantara pemberitahuan mengenai apa yang akan dilakukan Isa Al-Masih dan syariat yang akan diterapkannya, yaitu bahwa yang akan Beliau laksanakan tak lain adalah syariat Islam yang suci ini.

Sementara itu, menurut beberapa hadits sebagaimana pada kitab terdahulu bahwa beliau akan turun di Baitul Maqdis. Dan menurut riwayat lainnya, di Yordan. Dan riwayat lainnya lagi mengatakan, di tengah lascar kaum muslimin. Ini semua ada pada sebagian riwayat Muslimin, sebagaimana tersebut pada kitab terdahulu. Dan tentu Allah jualah yang lebih tahu. Wallau ‘Alam…

Demikian sobat menambahwawasandanpengetahuan.blogspot.com penjelasan tentang tempat turunnya Nabi Isa di Akhir Zaman berdasarkan riwayat hadits. Artikel ini bersumber pada media cetak ‘Media Ummat’. Semoga dengan adanya artikel ini mampu mengingatkan kita bahwa kehidupan di bumi ini akan berakhir, yang disebut dengan hari Kiamat. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang muslim yang beriman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Turunnya Nabi Isa di Akhir Jaman"

Post a Comment