Kenali Alarm Alami Tubuh yang Menandakan Tubuh Tak Sehat



Aktivitas yang dilakukan manusia dalam sehari-harinya begitu banyak dan sangat menguras tenaga. Karenanya, tubuh manusia tidak bisa selalu optimal untuk menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut. Ada kalanya, stamina menjadi menurun dan kita merasa lemah atau tak enak badan.

Ketika tubuh sudah merasa tak tahan lagi dengan segala aktivitas yang begitu padat, tubuh akan menunjukkan tanda-tanda jika ada sesuatu yang salah dengan kesehatan kita. Kita harus peka terhadap tanda yang yang ditunjukkan oleh tubuh kita.
 
Ilustrasi seseorang yang sedang dalam keadaan tidak sehat

Jangan abaikan tanda-tanda tersebut, hingga kemudian sakit dan terkulai lemah di tempat tidur. Kalau kata orang, sedia payung sebelum hujan. Sebelum sakit menyerang, sebaiknya kita bisa mengantisipasinya dengan memperhatikan masing-masing tanda tubuh yang sedang bermasalah. Apa saja tanda-tanda tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 8 alarm alami tubuh yang menandakan kita sedang tidak sehat, seperti dilansir dari Bold Sky.

Urine gelap

Mungkin kita pernah mengalami warna urine berubah menjadi gelap? Hal ini bisa Anda lihat setiap pagi, saat badan masih fresh. Jika urine Anda berwarna gelap, itu bia berarti bahwa organ vital Anda sedang mengalami permasalahan. Urine gelap juga bisa menandakan bahwa orang tersebut kurang minum.

Tidur terlalu lama

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan tidur selama 8 jam. Jika tidur lebih dari 8 jam, bisa berarti tubuh kita kehabisan energi. Tubuh kelelahan setelah seharian beraktivitas. Namun, jika kurang tidur, tubuh juga tidak sehat.

Meningkatnya berat badan

Kita perlu hati-hati jika berat badan bertambah di sekitar perut, bagian pinggang, pinggul, dan paha. Bertambahnya ukuran pada bagian badan tersebut bisa menyebabkan masalah untuk jangtung kita. Ini adalah tanda tubuh yang tidak sehat. Kita harus mengantisipastinya dengan olahraga secara rutin.

Merasa lelah

Merasa lelah memang wajar setelah melakukan banyak aktivitas. Namun kelelahan juga bisa menandakan bahwa diet yang kita terapkan tidak sehat. Kita mungkin kurang makan makanan bergizi dan berserat. Merasa lelah juga bisa berarti kita memiliki tiroid lebih banyak saat ini. Tiroid adalah kelenjar di bagian depan leher yang mengendalikan metabolisme dan fungsi normal tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi.

Mendengkur

Mendengkur bisa menjadi salah satu tanda gangguan pada tubuh. Jika kita tidak terbiasa mendengkur, lalu mendengkur, bisa jadi kita mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut ditandai dengan obstruksi di saluran pernapasan yang dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonimal dan gagal jantung.

Nah, sekarang kita sudah mengenal alarm tubuh alami yang menandakan bahwa kondisi tubuh sedang bermasalah atau tidak sehat. Semoga dengan mengenali tanda-tanda ini, kita bisa mengantisipasinya dengan melakukan tindakan yang benar sebelum keadaan menjadi semakin parah hingga menyebabkan kita sakit dan terbaring lemah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Salam sehat selalu. J


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Alarm Alami Tubuh yang Menandakan Tubuh Tak Sehat"

Post a Comment