Revolusi Perancis,Ternyata Bermula Hanya Karena Sebuah Kalung



Banyak yang mengira kalau hancurnya otoritas Perancis diakibatkan oleh hancurnya penjara Bastile, sumber masalahnya sebenarnya hanyalah sebuah kalung yang menjadi bahan penipuan terbesar sepanjang sejarah Kerajaan Perancis. Tapi apa hubungannya dengan Kalung Pencabut nyawa?

Kisah ini berawal dari Keninginan dari raja Louis XV untuk memberikan hadiah sebuah kalung berlian termahal kepada selirnya, Madame du Barry. Namun hal mengenaskan terjadi, sang raja meninggal akibat penyakit yang dia derita sebelum memberikan hadiah itu dan kepemimpinan di ambil alih oleh Louis XVI beserta istrinya Marie Antoinette.


Penjual kalung pun mengetahui kalau kepemimpinan sudah berganti dan menawarkan kalung berlian mewah itu kepada Antoinette. Namun dia sama sekali tidak tertarik dengan benda tersebut.

Walaupun Antoinette sudah mempunya suami, tapi masih banyak pria yang ingin berkenalan lebih dekat dengannya, salah satunya adalah pejabat tinggi Vatikan, De Rohan. Dia jatuh cinta kepada Antoinette sejak pertama kali bertemu dan terus berupaya untuk mendapatkan hatinya. Namun, tidak ada sama sekali tanggapan dari Antoinette.

De Rohan bertemu dengan Jeanne De La Motte, seorang wanita licik dari kerajaan Valois. Dia mengelabuhi De Rohan, karena dia tahu bahwa De Rohan sangat mencintai Antoinette dan mencari wanita yang sangat mirip dengan Antoinette. Akhirnya di ketemukanlah De Rohan dengan wanita itu dan dia percaya bahwa wanita itu benar benar Antoinette.


Seminggu setelahnya De Rohan diminta oleh Antoinette palsu memberikan kalung berlian termahal. Tanpa berpikir panjang akhirnya dia membeli kalung yang sebelumnya akan diberikan raja Louis XV kepada selirnya. Kalung itu di pakai berfoya foya untuk Jeanne, yang sebelumnya di titipkan De Rohan untuk di berikan kepada Antoinette.

Suatu hari, De Rohan bertemu dengan Antoinette asli dan menanyakan kalung yang pernah ia belikan. Dan sejak saat itulah dia tahu bahwa Jeanne telah menipu De Rohan. Langsung saja Jeanne di hukum, tapi rakyat Perancis yang hidup dalam kemiskinan justru memihak kepada Jeanne. Mereka  berpikiran kalau Jeanne hanyalah dijadikan kambing hitam oleh Antoinette yang hobi berfoya – foya.

Akhirnya kejadian itu memicu terjadinya Revolusi Perancis yang menuntut pembebasan Jeanne. Sementara itu Antoinette ditangkap dan dihukum pancung pada tahun 1773.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Revolusi Perancis,Ternyata Bermula Hanya Karena Sebuah Kalung"

Post a Comment