Sebuah Ayat di Dalam Kitab Suci Al-Qur'an yang Mempunyai Khasiat Membangkitkan Semangat


Keyakinan merupakan akar dari segala pilihan bersikap. Sesorang berbuat sesuai apa yang ia yakini. Di antara keyakinan itu, orang beriman yang yakin kepada Allah adalah pemilik sikap positif yang tidak ada tandingannya. Firman-firman Allah yang ada di dalam Al-Quran, yang oleh orang-orang mukmin dibaca, direnungi, diyakini dan diamalkan, menjadi pintu penghubung antara dunia dan hakikatnya. Al-Quran memberikan kesadaran, jalan keluar, optimis, semangat, ketenangan dan ketentraman hati. 

Al-Quran adalah firman Allah. Firman Sang Maha Pencipta. Mereka yang dikaruniai keyakinan hati dan hidupnya bernaung kepadanya, sungguh beruntung dan patut diberikan ucapan selamat. Bukan hanya mereka akan mendapatkan tuntunan arah pulang kepada Allah yang benar dan tidak tersesat.Tapi juga, rahasia-rahasia hidup yang dipaparkan Al-Quran membuat orang beriman menjalani urusan dunianya dengan tenang dan optimis. 

Kita tidak bisa membayangkan keadaan seseorang yang tidak memiliki keyakinan akan adanya masa depan yang baik. Kita tidak bisa membayangkan betapa semu dan jenuhnya kehidupan orang yang tak punya harapan. Akar-akar tanaman rela bergerak, menyusur, bertenaga menembus tanah liat, berkemampuan melintas bebatuan, adalah karena ada harapan air yang ingin ia peroleh. Karena pergerakan akar itulah, sunnatullahnya kemudian ia berhasil menegakkan batanganya, menyelamatkan kekeringan daunya dan meranumkan buah-buahnya. Itulah keadaan orang-orang mukmin yang bernaung diri di bawah bimbingan Al Qur'an. 


Al-Qur'an telah membuncahkan segala harapan dan optimisme masa depan. Masa depan orang mukmin terisi dengan bayang – bayang ”hayatan thayyiban (kehidupan yang baik)"dan "Surga". Mereka terpenuhi oleh semangat, dimana semangat itu ia peroleh dari keyakinan bahwa "Allah sebaik- baik pemberi balasan dan Dia tidak pernah mengingkari janji-Nya”.  

Mari kita yakini Al-Quran sebagai pedoman hidup terbaik dan mulai mengakrabkan diri dengannya. Mulailah terbiasa mencari jawaban atas setiap persoalan kepada Al-Quran. Sebagai penggugah keimanan, kali ini kita akan mengunduh semangat hidup dari 4 ayat di dalam Al-Quran. Sepertinya ayat-ayat ini sudah akrab kita dengar.  

Empat ayat populer pembangkit semangat itu ada di Surat Ibrahim ayat 7, Surat Ar-Ra'du ayat ll, Surat Al-Baqoroh ayat 286, dan Surat Hud ayat 6. Meskipun ayat ini sudah biasa di majlis-ilmukan oleh para dai ataupun di artikelkan oleh para penulis, tidak ada salahnya untuk kita tidak bisa membayangkan betapa semu dan renungi kembali. Mudah-mudahan justru membuat kita semakin hafal dan karenanya mudah menghafalkan. 

Tentu saja, kedahsyatan ayat-ayat tersebut akan terasa bila kita menjumpainya dalam keadaan yakin kepadanya. Semoga bersamaan kita membaca dan merenunginya, bersamaan pula hikmah dan hidayah Allah turun ke dalam hati kita. Aamiin yaa RabbaI AIamiin.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebuah Ayat di Dalam Kitab Suci Al-Qur'an yang Mempunyai Khasiat Membangkitkan Semangat"

Post a Comment