Hati-Hati! Jangan Makan 8 Makanan Ini Pada Bulan Ke-2 Kehamilan Anda, Karena Dapat Mengganggu Kesehatan Janin

Pada bulan kedua kehamilan anda akan memiliki gejala yang sama dengan bulan sebelumnya. Selama bulan ini, anda sulit beradaptasi dengan perubahan yang terjadi karena kehamilan anda. Diantaranya anda mengalami gejala pusing, sering buang air kecil, kelelahan dan perubahan mood.



Berikut 8 daftar makanan yang harus dihindari selama bulan kedua kehamilan.

1. Daging setengah matang.



Daging setengah matang diduga menjadi penyumbang bakteri yang tidak baik untuk perkembangan janin. Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang matang dengan sempurna. Jika anda ragu-ragu ketika memesan makanan di rumah makan cepa t saji, anda bisa mengolah di rumah dengan kematangan yang sempurna, misalnya 71-72 derajat celcius memasak dada ayam.

2. Keju.



Keju yang dimaksud adalah keju yang dibuat dari susu tanpa patreurisasi (yaitu proses yang digunakan dalam pemanasan makanan untuk membunuh organisme yang merugikan tubuh) akan berpotensi untuk menimbulkan bakteri listeria, yang akan mengganggu kesehatan janin anda. Jika anda memilih keju untuk olahan di rumah pastikan tertera keterangan melalui pasteurisasi.

3. Hati.



Hati (liver) yang dihasilkan dari sapi, kambing dan jenis unggas sebaiknya dihindari pada masa bulan ke dua kehamilan anda, hati mengandung vitamin A dalam bentuk retinol yang dapat menyebabkan keguguran. Anda dapat kembali mengkonsumsi hati pada bulan ke 4 kehamilan anda, tentunya dengan porsi dan cara memasak yang tepat.

4. Telur mentah.



Banyak yang menilai telur tidak baik untuk janin, namun itu salah. Penjelasannya adalah telur yang tidak baik untuk janin adalah telur yang mentah atau setengah matang. Adanya salmonella yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin, akan masuk ke dalam tubuh jika anda mengkonsumsi telor setengah matang.

5. Daging olahan.



Daging olahan yang menggunakan asam nitrat untuk mengawetkannya, diduga akan membuat kesehatan janin terganggu. Daging olahan ini tidak baik untuk dikonsumsi selama bulan ke dua kehamilan anda. Selain itu daging yang didinginkan, disarakankan harus memanaskan terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

6. Ikan yang mengandung merkuri.



Sebenarnya ikan baik untuk masa kehamilan akan tetapi kandungan merkuri yang di dapat pada jenis ikan tertentu harus anda waspadai. Ikan yang mengandung merkuri juga bisa berasal dari kolan atau peternakan yang terkontaminasi bahan kimia. Ikan yang mengandung merkuri biasanya ikan cucut, makarel, ikan kakap . Anda bisa mengganti konsumsi ikan anda dengan ikan lele, salmon,tuna. Pada masa kehamilan hindari konsumsi sushi karena terbuat dari ikan mentah yang dikhawatirkan mengandung mikroorganisme yang tidak baik untuk kesehatan.

7. Mencicipi adonan kue mentah.



Sebagian untuk anda yang hobi memasak, sebaiknya anda harus menahan diri ketika kebiasaan and mulai muncul , mencicipi adonan kue. Adonan kue yang mengandung telur mentah diduga memicu resiko besar mengandung salmonella.

8. Alkohol.



Mengkonsumsi alkohol menyebabkan gangguan pada kehamilan, apalagi pada awal kehamilan karena berbahaya pada janin. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan mental dan fisik bahkan dalam kasus yang parah akan menyebabkan kelainan janin. Alkohol yang dikonsumsi ibu hamil akan mempengaruhi janin sampai merusak sistem saraf pada bayi.

Hingdarilah 8 jenis makanan tersebut, karena sangat berbahaya untuk kesehatan anda. Kita harus menjaga pola makan kita agar bayi yang ada di dalam kandungan juga mendapat asupan gizi yang sehat. Semoga info berikut bermanfaat untuk anda yang sedang mengandung.

(Sumber: bidanku.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati! Jangan Makan 8 Makanan Ini Pada Bulan Ke-2 Kehamilan Anda, Karena Dapat Mengganggu Kesehatan Janin"

Post a Comment